12/06/2012

Waktu Tepat Cuci Tangan

Mencuci tangan adalah salah satu cara kita untuk menjaga kebersihan dan mencegah penyakit. Tapi tahukah Anda kapan harus mencuci tangan Anda dengan benar? 
Setiap dokter selalu menyarankan untuk mencuci tangan agar terhindar dari penyakit. Karena disadari atau tidak, tangan merupakan tempat berkumpul kuman yang paling banyak, karena tangan kita digunakan untuk menyentuh dan memegang banyak benda. Selain kuman, bakteri atau parasit juga dpaat berkumpul disana. Namun kapan sebenarnya kita harus mencuci tangan agar terhindar dari penyakit yang mungkin menular melalui tangan kita? Berikut waktu yang disarankan untuk kita mencuci tangan seperti yang dilansir Everydayhealth.
o    Cuci tangan sebelum dan sesudah membuat makanan.
o    Setelah menggunakan toilet, cucilah tangan dengan sabun karena toilet merupakan sarang kuman.
o    Ketika Anda hendak mengobati luka terbuka, dan setelah mengobati luka tersebut agar kuman atau bakteri pada luka tidak menular pada Anda  juga setelah Anda merawat orang sakit, agar bakteri atau kuman tidak menempel pada Anda
o    Setelah batuk, bersin atau membersihkan hidung Anda, kuman dan kotoran yang mungkin keluar dapat kembali masuk akibat dari tangan Anda yang tidak bersih.
o    Setelah membersihkan sampah. Sangat penting untuk Anda membersihkan tangan setelah memegang banyak benda kotor dan bau.
o    Mungkin ini hal sepele, namun mencuci tangan setelah mengganti popok bayi Anda juga sangat penting.

0 komentar:

Posting Komentar